Halaman

Sabtu, 27 Juli 2013

Kandungan zat aktif dalam rokok

Kandungan zat aktif dalam rokok - Bukanlah hal yang biasa lagi jika kita mendengar bahwa Rokok sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, karena sebenarnya sudah banyak peringatan yang sering kita dengar dari berbagai macam media mengenai bahaya rokok. Tapi anehnya tetap saja masih banyak orang yang masih menghisap rokok, entah hanya sekedar pengen di anggap sebagai anak gaul atau mungkin sudah menjadi kebutuhan bagi dirinya. Yang jelas apapun alasannya kita harus mengindari rokok tersebut, sebab efek asap rokok tersebut dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan mulai dari yang ringan hingga yang  berat yang bisa membawa kita kepada kematian. Bukan hal yang terlalu berlebihan Jika saya mengatakan hal tersebut, namun memang seperti itulah efek negatif  merokok.

Berdasarkan situs Organisasi & Perpustakaan Indonesia ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai Asap Rokok, taukah anda bahwa Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia di mana 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Zat tersebut, antara lain tar, nikotin, karbon monoksida dll. Asap rokok yang baru mati di asbak atau di tempat lain mengandung 3x lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50x mengandung bahan pengiritasi mata dan pernafasan. Semakin pendek rokok maka semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara.

Berikut adalah zat bahaya dalam rokok

- Nikotin
Zat ini mengandung candu bisa menyebabkan seseorang ketagihan untuk trus menghisap rokok . Pengaruh bagi tubuh manusia :
•    menyebabkan kecanduan / ketergantungan
•    merusak jaringan otak
•    menyebabkan darah cepat membeku
•    mengeraskan dinding arteri
- Tar
Bahan dasar pembuatan aspal yang dapat menempel pada paru-paru dan bisa menimbulkan iritasi bahkan kanker. Pengaruh bagi tubuh manusia :
•    membunuh sel dalam saluran darah
•    Meningkatkan produksi lendir diparu-paru
•    Menyebabkan kanker paru-paru
- Zat Karsinogen
Pengaruh bagi tubuh manusia :
•    Memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh 
- Karbon Monoksida
Gas yang bisa menimbulkan penyakit jantung karena gas ini bisa mengikat oksigen dalam tubuh.Pengaruh bagi tubuh manusia :
•    mengikat hemoglobin, sehingga tubuh kekurangan oksigen
•    menghalangi transportasi dalam darah
- Zat Iritan
•    Mengotori saluran udara dan kantung udara dalam paru-paru
•    Menyebabkan batuk

Zat-zat asing tersebut adalah zat yang terkandung dalam dalam asap rokok, dan ada 4000 zat kimia yang terdapat dalam sebatang rokok, 40 diantaranya tergolong zat yang berbahaya misalnya : hidrogen sianida (HCN) , arsen, amonia, polonium, dan karbon monoksida (CO).
Sesekali Saya pernah membaca di satu artikel penelitian tentang bahaya merokok yang di kemukakan oleh salah satu pakar penelitian King's College London, bahwa dengan merokok itu dapat, merusak memori otak dan pembusukan walaupun dengan tinggkat yang tidak terlalu tinggi, sehingga sangat berbahaya bagi pola pikir dan daya ingat seseorang. Oc selesai sudah artikel tetang zat bahaya dalam rokok terimakasih telah berkunjung ke artikel Kandungan zat aktif dalam rokok
thx

1 komentar:

Sutopo Sasuke mengatakan...

Terima kasih mas informasinya ..
sangat menarik sekali untuk dibaca buat kalangan pemuda..
referensi disini juga mungkin bisa membantu
http://www.tanyadok.com/kesehatan/kandungan-rokok-dan-masing-masing-efeknya-untuk-kesehatan